Dyspepsia

Kemaren ijin pulang cepet buat ke dokter, soalnya udah seminggu ini dadaku suka nyeri, trus perut terasa kembung dan begah, udah gitu sendawa terus, dan badan bener-bener ga enak banget, bahkan waktu senin kemaren mau berangkat kerja perutku mual2 terus dan sempet muntah, abangku yang lagi mandi udah kesenengan aja trus bilang “hamil kali de”, jiah…belum bang, belum hamil adenya, sabar yah”.
 
Di rumah sakit, di loket waktu mo daftar, “mba, dokter umumnya ada, saya mau daftar”. trus mba penjaga loketnya malah nanya “kartu mahasiswanya ada?”,”ga ada mba”, lho emang bukan mahasiswa U*N yah?” ,”bukan mba saya sudah kerja.” :D, * duh serasa 8 tahun lebih muda* he.he.he.he..
Dapet antrian no. 1, dan dokternya belum dateng, ya udah nunggu deh, untung datengnya ga berapa lama kemudian,*ssstt ternyata dokternya masih muda sepertinya baru lulus* trus langsung dipanggil masuk dan ditanya sakitnya apa, ya aku jelasin apa yang aku rasain, kemudian aku diperiksa tensi darah dan alhamdulillah normal 110/70, denyut nadi juga  normal. 
 
Setelah diperiksa dan ditanya2, dokter mendiagnosa kalo aku mengalami yang namanya dispepsia, penyebabnya karena makan yang ga teratur, begadang, dan makan2an yang pedes, yah emang bener sih udah 2 minggu ini karena kerjaan banyak dan target laporan harus selesai jadi dikantor lebih dari 12 jam, tidur jam 1 malem dan bangun jam 5, beberes dan berangkat jam 6 paling telat jam 1/2 7,  udah gitu makan malem suka lewat *rencananya sekalian diet gitu* tapi alhasil malah jadi penyakit T__T.

Sekarang aku harus sering-sering ngisi perut dengan makanan, jadi yuk dadah babay dulu dengan diet, mari bersalaman dengan makanan…

Untuk mengetahui apa itu dispepsia, bagaimana gejalanya, dan apa penyebabnya,dan bagaiman pengobatannya, ini penjelasannya. 

Definisi
Dispepsia adalah nyeri atau gangguan tidak spesifik yang terjadi di daerah perut bagian tengah. Nyeri dapat hilang timbul, namun biasa nya terus-menurus. Semua orang dalam hidupnya pasti pernah mengalami nyeri atau gangguan ini. Tidak ada perbedaan jenis kelamin, laki-laki maupun perempuan dapat mengalami hal ini. 1 diantara 4 orang pasti mengalami hal ini.
Gejala dan tanda
Di bawah ini beberapa gejala yang sering terjadi
* Nyeri dan rasa panas di daerah lambung (ulu hati)
* Rasa penuh di perut bagian atas
* Kembung
* Rasa panas di daerah dada
* Mual
* Muntah
* Sering bersendawa
Apabila anda mengalami gejala-gejala diatas sampai mengganggu segera konsultasi dengan dokter.
Pengobatan
Obat-obatan biasanya dapat menangani gangguan ini. Apabila anda mengalami luka (ulkus) lambung dapat mengkonsumsi obat anti-asam lambung. Apabila curiga ada infeksi maka antibiotic dapat diberikan. Bila dokter curiga obat-obatan yang anda minum menyebabkan gangguan, maka akan diberikan obat lain. Obat yang berfungsi menekan pengeluaran asam lambung akan mengurangi rasa nyeri dan baik untuk penyakit kelebihan asam lambung. Dokter akan menyarankan untuk melakukan endoskopi (alat berbentuk tabung yang didalamnya terdapat kamera yang dimasukkan melalui mulut ke lambung anda) bila;
* Anda masih mengalami nyeri setelah diberikan obat selama 8 minggu
* Nyeri hilang sesaat lalu timbul kembali.
Penyebab
Dyspepsia biasanya disebabkan oleh penyakit ulkus lambung atau kelebihan asam lambung. Sebagai contoh, apabila gangguan terjadi dibawah pusar biasanya organ tubuh yang terganggu adalah kerongkongan, lambung, usus 12 jari, atau kantung empedu. Tidak menutup kemungkinan bila gangguan terjadi diatas pusar, organ-organ diatas terlibat juga.
Pemeriksaan tambahan yang disarankan bergantung dari kecurigaan dokter kearah mana diagnosis nya. Sebagai contoh, apabila kecurigaan dokter ke arah ulkus lambung dapat dilakukan pemeriksaan tinja. Bila curiga batu empedu atau kelainan kantung empedu dan hati, dilakukan pemeriksaan fungsi hati dan USG(Ultra Sonography) perut
.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s