Mudahnya membuat paspor

Gara-gara mo tugas ke Malaysia, akhirnya ada kesempatan buatku bikin paspor. Awalnya aku mikir bakal bermasalah nih bikinnya soalnya akta kelahiranku bolong-bolong dimakan rayap, tapi ternyata bisa digantikan dengan ijazah terakhir *alhamdulillah*

Setelah bertanya dan mencari info di sini dan sini, katanya pengurusan paspor sekarang lebih mudah dan bisa online *yeay*, meski kita tetap harus ke kantor imigirasinya juga. Setelah scan dokumen-dokumen yang diperlukan  aku masuk ke webnya, caranya :

a. pilih Layanan permohonan paspor online.
b. Pilih pra permohonan personal
c. Isi form data-data kita
d. Upload dokumen-dokumen yang diperlukan :
     – KTP
     – Kartu Keluarga
     – Akta kelahiran/Ijazah terakhir
     – Surat nikah
     – Surat rekomendasi perusahaan (jika memang tugas kantor)
e. Pilih kantor imigrasi tujuan kita, karena aku tinggal di depok aku pilih kantor imigrasi Depok.
f.  Klik OK dan nanti akan muncul nomor pendaftaran, print untuk selanjutnya dibawa kekantor imigrasi.
Sehari setelah ngisi form pendaftaran via online, hari selasa aku pergi kekantor imigrasi, namun karena khawatir aku tetep membeli form pendaftarau n berikut materai seharga 12 ribu, dan menulis lagi data sesuai dengan yang diweb dan melampirkan fotocopy dokumen2 yang disebutkan diatas *dokumen asli harus dibawa lho yah, soalnya tetep ada pengecekan dokumen oleh petugas imigrasi*,dan tetap ngambil nomor antrian, o iya loket pendaftaran online dengan pendaftaran langsung beda, tapi antriannya lebih sedikit. setelah nomor antrian kita dipanggil dan dokumen2 kita diperiksa, besoknya aku diminta dateng lagi untuk wawancara dan foto sekaligus bayar biaya pembuatan.

Hari Rabunya aku dateng sebelum jam 8 udah dapet nomor antrian 30 aja *padahal belum buka lho*, ke loket bayar biaya pembuatan sebesar 255rb, setelah itu wawancara dan foto *nomor antriannya sesuai dengan awal tadi*, dan paspor selesai 4 hari berikutnya *ga sampe jam 11 siang udah kelar*, dan hari senin minggu berikutnya paspor udah ditangan.

Gimana…, ternyata ga sulit kan mengurus paspor sendiri, udah gitu murah lagi, total yang aku keluarin buat ngurus paspor :

a, Beli form pendaftaran    Rp.   12.000
b. Bayar pembuatan          Rp. 255.000
c. Fotocopy dokumen       Rp.     2.000
Totalnya                            Rp  269.000

Bandingkan kalo kita ngurus paspor via calo, bisa 2-3 kali lipat tuh biayanya *tapi semua terserah ke pribadi masing2 sih*

Tinggalkan Balasan

