Aksi untuk Jakarta

Kalo dibilang Jakarta banjir mah itu emang kayanya agenda rutin tahunan deh setiap musim hujan tiba. Tapi kalo sampe banjir parah itu terakhir terjadi tahun 2007 silam. Dan tahun ini, ternyata banjir parah terjadi lagi bahkan sampai melumpuhkan dan menghentikan aktifitas Jakarta sebagai ibukota.

Sebagai lembaga sosial kemanusiaan, tentu saja kantorku langsung bergerak cepat untuk membantu dan menangani para korban banjir. Pembentukan tim relawan, pembukaan posko dan dapur umum, pembelian logistik bantuan, dan pendistribusian bantuan serta program pemberian layanan kesehatan secara tanggap dilakukan, . Seluruh karyawan dari direksi sampe office boy turut serta membantu tanpa terkecuali, setiap karyawan dibagi kelompok untuk turun kelapangan membantu para korban banjir di daerah yang sudah terbentuk posko. Tim komunikasi dan informasi data dibentuk guna mengetahui kondisi dan situasi terkini serta terupdate dari setiap posko yang ada.
Sampai saat ini sudah ada 15 posko yang dibentuk untuk wilayah jabotabek & tanggerang, untuk Jakarta Utara ada di Plumpang dan Cilincing, Jakarta Timur ada di Cawang, Jakarta Pusat ada di Petamburan, Karet Tengsin dan RRI, Jakarta Barat ada di Rawa Buaya, Jakarta Selatan ada di Kalibata, Tebet, Pejaten dan Ulujami, Bekasi ada di Bekasi Timur dan Jatirasa, sedangkan untuk Tanggerang ada di Periuk dan Pendurenan Karang Tengah.

Berhubung sebagai posko pusat logistik dan informasi, maka kantorku sekarang beroperasi selama 24 jam, yang biasanya kalo udah ba’da magrib kantor udah kosong melompong, sekarang masih penuh dengan orang, ada yang sibuk nyiapin paket untuk bantuan, update info tentang berita banjir, sampai rapat koordinasi. Dan tempat parkir depan kantor didirikan tenda untuk menampung logistik bantuan yang siap dikirim ke posko-posko,  Pokonya riweuh dan rame deh, bahkan ada temen2 yang sampe menginap dikantor. *salut for them*

Trus kamu ngapain yan?! *pasti ada yang nanya gitu kan? ayo ngaku?”. Kalo tugasku ga jauh-jauh dari tugas sehari-hari, yaitu sebagai bendahara untuk aksi bencana kali ini, berdua sih sama temenku, tapi berhubung dia cowo, jadi dia yang inspeksi kelapangan untuk melihat gimana pencatatan keuangan diposko2. jadi kalo aku sendiri ga ada tuh yang namanya ikutan aksi ke lapangan, bantuin di posko, yang ada malah stay dikantor, nyerahin uang ke koordinator posko, trus  ngasih tau tentang pencatatan pengeluarannya, ngingetin untuk nyimpen bukti baik nota,kuitansi maupun bon, dan tidak lupa pastinya supaya bikin LAPORAN. Soalnya emang peer banget kalo aksi kemanusiaan seperti ini kalo disuruh bikin laporannya *pengalaman selama ini*

Semoga hujan tidak turun lagi yah untuk beberapa hari kedepan, agar banjir segera berlalu, dan para korban bisa kembali kerumahnya masing-masing, dan setelah itu kerja berat membersihkan lumpur, sampah sisa-sisa banjir. Dan besok insyaallah akan ada aksi bersih-bersih jakarta yang akan dipusatkan di HI.

Ayo mari kita beraksi, demi Jakarta tercinta.

Ralat info yg awalnya aksi bersihnya di HI menjadi di tebet, tepatnya di  masjid attahiriyah kp. pulo.
Iklan

3 thoughts on “Aksi untuk Jakarta

  1. Ada 2 mba di bekasi timur jl margahayu rw 03 sama di jati asih perumahan angkasa puri jatimekar, aktifitas di margahayu sekarang lg bersih2 lokasi pasca banjir, silaan kalo mo ikut membantu mba.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s