Belajar Bicara

Jujur,dulu sampai sekarang aku kalo disuruh ngasih materi ataupun menjelaskan sesuatu diforum umum pasti bawaannya langsung gugup, grogi, trus jantung berdetak kencang dan berakhir pikiran jadi blank bingung apa yang mau disampaikan *tepok jidat*, dan kalaupun udah bisa bicara didepan, aku bicaranya jadi super duper cepet banget jadi yang dengerin bukannya ngerti tapi malah bingung apa yang aku sampaikan hihihi.Β Bahkan pernah yah, waktu itu aku diminta buat jelasin siklus akuntansi lembaga ke temen2 cabang dan jejaring, karena waktu aku yang menyampaikan malah pada bingung akhirnya GM-ku langsung turun tangan menggantikan aku buat menjelaskan. *tertunduk malu*

Trus emang ga bisa ngomong perlahan yan?!, ya bisa sih tapi masalahnya kadang mulutku berusaha mengejar rangkaian kata-kata yang sudah ada diotak dan maunya harus segera diucapkan, soalnya takut kata2 yang udah tersimpan diotak keburu hilang, jadi daripada keburu hilang percuma kan mending langsung dikeluarkan, tapi yah itu dia jadinya apa yang aku sampaikan jadi loncat-loncat dan ga sistematis jadi orang bukannya paham tapi malah ga ngerti apa yang aku sampaikan T______T.

Jangankan ketika aku menyampaikan sesuatu didepan forum yah,bahkan kalo lagi diminta buat jelasin tentang kerjaan pasti ngomongnya jadi cepet banget makanya temenku suka bilang “mba, jangan cepet-cepet apa jelasinnya” hihihihi akhirnya baru deh aku Β pelan-pelan ngomongnya, bahkan ada nih yah temenku yang komen gini “kalo ngomong sama dian, liat mulutnya biar ngerti apa yang diomongin” hahahah parah banget tuh komen.

Tapi akhirnya aku tersadar bahwa aku harus bisa belajar bicara yang baik, bagaimana menjelaskan sesuatu secara sistematis, step by step dan yang pastinya ngomongnya biar ga kecepetan, kan ga enak juga udah jelasin capek2 tapi yang orang yang kita jelasin malah ga ngerti, yang ada malah kita yang jadi sewot *eh itu aku doang yak*

Dan Alhamdulillah sekarang aku mulai bisa mengontrol cara bicaraku agar tidak terlalu cepet, mengontrol otakku agar menyusun rangkaian kata-kata yang nantinya akan mudah diucapkan dan dipahami. Dan semoga sekarang orang yang aku jelasin jadi mengerti dan ga bingung lagi. Amin. πŸ˜€
12 thoughts on “Belajar Bicara

  1. Memang gak semua orang sanggup bicara di depan umum sih Dian πŸ™‚
    Tapi sepertinya hal itu bisa dilatih kok πŸ™‚

    Sering seringlah ngomong depan cermin…
    dan kalo mau lebih menantang lagi…

    hayu atuh coba ikutan open mic, ala stand up comedian gitu lah…berdiri di panggung sendirian mencoba membuat pengunjung kafe ketawa, latihan yang oke punya lho…hihihi…
    *minta ditendang kulkas nya*

    Suka

  2. Memang tidak semua hal bisa kita lakukan sekaligus. Ada teman yang pintar nulis, tapi tidak pintar bicara. Ada yang pintar bicara, tapi disuruh nulis bingung. Ada yang pintar kedua2nya. Tapi, intinya kalo dilatih tetap bisa sih. semangat kakak.

    Suka

Tinggalkan Balasan

