Satu Dekade

Alhamdulillah, hari ini genap 10 tahun sudah aku menjadi bagian dari keluarga besar lembaga ini. Aku masih ingat saat aku diberikan SK pengangkatan pegawai oleh Spv HRD, hatiku langsung berbunga-bunga dan bersyukur banget, kenapa hatiku berbunga-bunga? karena diberikan di bulan ulangtahunku dan menurutku itu menjadi kado yang terindah saat itu. Aku yang saat itu baru lulusan SMK bisa diangkat menjadi pegawai tetap buatku itu sesuatu banget. Tapi beberapa hari setelah itu aku malah sakit typus  dan sepertinya ada peraturan yang tidak tertulis bahwa setiap yang masuk lembaga ini kemudian sakit typus maka seperti ada pengumuman “Selamat, berarti anda lolos masuk lembaga ini” hihihi…

Sebenarnya sih aku bergabung di lembaga ini hampir 12 tahun yang lalu. Seperti yang aku pernah ceritain kalo waktu itu aku baru lulus sekolah trus nyari-nyari kerjaan, awalnya kerja sebagai telemarketing sebuah travel agency, tapi karena saat itu situasi tempat kerjanya yang tidak nyaman, aku mencoba nyari info lowongan lagi, dan kebetulan ada info dari guru disekolahku *salim sama bu khodijah* bahwa lembaga X mencari tenaga administrasi, dan aku diberikan nomor kontak yang bisa aku hubungi, selanjutnya aku telp kesana dan ternyata lowongannya masih tersedia, dan akhirnya aku mengajukan lamaran kesana.

Proses waktu aku melamar *melamar yah bukan dilamar* ini, dibilang lucu kali yah, soalnya waktu itu aku telp nanya ke bagian HRDnya katanya ada lowongan buat adm keuangan, aku diminta datang ke kantor dan dikasih tau rute kesana, dan lagi-lagi karena aku yang terlalu polos atau gimana yah saat aku turun angkot dan itu udah didepan komplek perkantorannya, bukannya nanya dulu sama satpam atau orang yang ada disana dimana letak kantor yang aku tuju, tapi justru yang aku cari adalah wartel dan aku langsung telp ke HRDnya dan bilang gini “bu, saya sudah didepan komplek, kantornya dimana yah? *gubrak*,  ya untung aja HRD-nya baik hati,  jadi langsung dikasih tau untuk masuk aja kedalam komplek dan cari blok C28-29.

Setelah ketemu kantornya dan bilang ke resepsionis bahwa aku dateng atas permintaan HRD, aku diminta buat nunggu. Saat itu aku deg-degan banget, sumpah takut banget saat itu *yah maklum ini pertama kalinya masuk kedunia kerja yang sesungguhnya*. Ga berapa lama aku diminta masuk dan ternyata itu lansung ditest dan wawancara saat itu juga. Doeng..gimana ini aku kan ga bawa alat tulis apalagi kalkulator, trus ngerjainnya gimana? tapi lagi-lagi alhamdulillah orangnya baik hati jadi aku dipinjemin alat tulis, trus langsung deh ngerjain testnya. Mau tau testnya apaan? Soal akuntansi lengkap kap kap, iya testnya disuruh bikin laporan keuangan *mantap banget ga tuh* dan untungnya masih ngelotok di otak yah jadi yah gampang aja *sombong emang ga perlu diajarin* :P. Trus berikutnya diwawancara sama Manajer apa supervisor keuangan yah *Bang Syu-hel dulu jabatannya apa sih?*, ditanya tentang teori akuntansi. Abis itu apakah sudah selesai, tentu tidak?! lanjut lagi wawancara sama orang HRDnya langsung, trus ditanya seputar tau lembaga ini darimana, trus apa tujuan masuk kesini, dsb..dsb.. trus abis itu baru deh selesai dan tinggal menunggu panggilan.

Beberapa hari kemudian aku dipanggil dan diminta besoknya untuk dateng kekantor. Tapi karena aku lagi sakit, jadi aku ga bisa memenuhi panggilan itu, dan tau ga apa yang aku lakukan? aku minta ibuku buat telp kesana dan ngabarin kalo aku ga bisa dateng hari itu karena sakit, hahaha serasa lagi ijin ga masuk sekolah ga sih?, untungnya disana mengerti dan ngijinin kalo aku masuk esoknya setelah aku sembuh dari sakit.

Pertama kali masuk, langsung disuruh rapiin dokumen, rekening koran, dsb, dan karena ini bener-bener pekerjaan pertamaku *sebelumnya mengisi waktu luang* aku enjoy banget ngerjainnya, tapi yang masalah aku tuh kalo belum kenal orang pendiem banget, ga bisa tuh baru ketemu orang udah langsung akrab, dan mungkin karena anak baru jadi masih takut dan malu malu kucing serta lagi berusaha menyesuakan diri dengan lingkungan dan temen kerja yang usianya diatasku,  jadi aku baru ngomong kalo ditanya orang *sigh* tapi setelah berjalannya waktu dan mulai bisa mengakrabkan diri baru deh bisa sedikit terbuka dan banyak ngomong.
 
Trus apa aja pekerjaanku, yang pastinya sih filing dokumen, trus input data penerimaan dari bank yang banyaknya alaihum gambreng dan input jurnal disistem. Selain itu aku belajar mencoba mengerjakan pekerjaan diluar tugas yang diberikan, seneng aja gitu dengan proses belajarnya, jadi aku tau o..begini toh caranya o..begitu toh alurnya..dsb..dsb. Yang namanya input data dikomputer pasti butuh keahlian mengetik dong, dan alhamdulillahnya aku punya kemampuan itu, beruntung disekolah dulu diajarin bagaimana mengetik cepat dengan 10 jari *masuk mata pelajaran ini*, tapi jangan bayangin mengetik di komputer atau mesin tik elektrik yang mengetiknya bisa secara pelan-pelan yah, ini belajarnya pake mesin tik yang paling gede, jadi kalo ngetik mesti neken tutsnya kuat-kuat kalo ga yah ga bakal bisa muncul tuh huruf dikertas. Masih inget tuh aku waktu diajarinnya, pak tohari atau bu yeti siap dengan tongkat panjang, dan kita didepan mesin tik dengan posisi tangan udah diatas tuts sambil pandangan kedepan *ga boleh liat tutsnya*, abis itu bu yeti atau pa tohari akan menginstruksikan ke kita sambil ngetok papan tulis dengan tongkatnya lantas bilang “tekan huruf A tok A tok A tok” dan itu berulang-ulang sampai beberapa baris, kemudian berlanjut dengan mengetik rangkaian huruf, kemudian kata dan berakhir dengan mengetik kalimat, abis itu kita akan dikasih waktu untuk mengetik rangkaian kalimat yang da dibuku dengan timer, jadi main cepet-cepetan mengetik kalimat, setelah selesai kita hitung berapa kemampuan mengetik kita, jadi seluruh jumlah ketikan huruf dikurangi dengan jumlah ketikan huruf yang salah dibagi dengan waktu, nah ketahuan deh kemampuan ketikan kita. Trus karena kebiasaan mengetik pake mesin tik itu, jadi suka kebawa waktu mengetik dikomputer, jadi waktu aku ngetik keyboard komputer tenaganya pake tenaga mesin tik jadi berisik banget kan bunyinya  ‘tak tok tak tok tek tok” sampe atasanku teh ima bilang “yan ngetiknya biasa aja ga usah pake tenaga kuda” hahah ya maap kebiasaan soalnya :P.

Trus karena aku paling muda yang kerja disitu ditambah wajah masih anak SMP *ehm* jadilah aku seperti adik kecil buat temen-temenku, apalagi ditambah waktu Dora the Explorer booming aku kena getah di ejek Dian si Dora dan beneran suka dipanggil dora sama temenku, dan dengan bodohnya aku nengok lagi kalo dipanggil T_T.

Berhubung dulu jam kerjanya 7-4 jadi mau ga mau aku berangkat dari rumah jam 1/2 6 kalo ga mau telat, dan emang dulu belum semacet sekarang yah jadi ps. minggu-ciputat bisa ditempuh selama 40 menit, jadi jam 6.15 atau jam 7.30 udah nyampe kantor, tapi ternyata aku bukan orang yang pertama dateng *selain OB*, Pa ES saat itu menjabat sebagai dirut  udah nyampe duluan, karena dia rumahnya  di pd. pinang dan nyampe kantor jam 6 karena naik sepeda trus baru mandi dikantor. Ngomong-ngomong Pa ES, karena kita sungkan sama beliau, karena ruang keuangan sebelah sama ruangan beliau, jadi kalo kita lagi rame alias berisik, trus denger deheman dia aja, padahal orangnya masih ditangga, langsung pada diem tuh hahaha. 

Cerita tentang dirut, saat ini baru 2 kali pergantian direksi, yang pertama pa E* yang seperti aku cerita diatas beliau adalah orang pertama yang slalu hadir dikantor, jadi kadang kita-kita malu hati kalo nyampe kantor kesiangan, dan slalu inget nama karyawannya, pernah yah setelah ga menjabat lagi, trus dateng kekantor, ternyata beliau masih inget lho sama aku dan langsung nengor “dian, gimana kabarnya?” ah, aku langsung terhura. Yang kedua adalah pak R*, beliu ini dibilang atasan yang paling sederhana, sore-sore kalo ada dikantor masih suka ngobrol dan bercanda sama bawahanya, pokonya kaya ga ada batas antara atasan dan bawahan, trus pernah yah waktu ada salah dua atasanku yang nikahan di Jepara sama magelang, kita kan konvoi 3 mobil dari kantor, dan 1 mobil yang nyetirin beliau, dan diisi sama temen-temen perempuan, beneran ga enak hati banget, tapi gimana ga ada yang bisa gantiin, jadi temenku aja yang jadi navigator nemenin ngobrol, kita-kita dibelakang malah tidur *ups*. Dan saat ini yang menjabat adalah Pak. I*S, gaya pemimpinannya berbeda dengan sebelumnya, tapi yang jelas beliau amat sangat ingin memajukan lembaga ini, bukannya yang lain engga, setiap pemimpin pasti ini lembaga yang dipimpinnya menjadi lebih maju, tapi berbeda orang berbeda pula gaya dan caranya *betul tidak*. :D.

Kalo soal kerjaan mah, disini selalu banyak, jadi kalo misalnya lagi ada event atau emang kerjaan harus segera selesai, maka akan ada agenda nginep bareng, iya beneran kita nginep dikantor, ya maklum waktu itu masih pada single, jadi kalaupun nginep juga ga mikirin keluarga, jadi sehari sebelumnya kita janjian sama yang lain siapa yang mau nginep trus bareng-bareng deh kita ngerjain kerjaan masing-masing,  trus kalo udah ngantuk berat biasanya jam 2an, maka kalo ga tidur dimeja atau kita membajak ruangan dirut karena disana ada sofa yang bisa dipake buat tidur hihihi, besok paginya sebelum yang lain dateng kita mandi dulu trus siap2 kerja lagi. Pernah tuh, aku sendirian nginep dikantor, waktu ramadhan tahun 2007, aku harus nyelesain laporan, dan mau ga mau harus lembur, karena aku mikir kita ada program sahur berkah, otomatis pasti akan ada orang dong dikantor sampe sahur, ternyata jam 12 malem itu mereka mau berangkat ke Bekasi, dimana program sahur berkah saat itu dilaksanakan, alhasil aku ditinggal sendirian dikantor, saat itu iseng juga sendirian, tapi bismillah lah demi kerjaan, jadi aku lanjutin kerja dan pas sahur makan roti dan teh kotak yang aku beli sebelumnya, trus tidur bentar, bangun-bangun mandi trus balik lagi kerja. Sekarang itu agenda nginep itu bareng seperti sudah dihapus, soalnya sekarang udah pada berkeluarga, jadi yang ada malah pengen pulang cepet ketemu keluarga.

Dan kalo ada event lembaga, misalnya launching atau gathering, berhubung saat itu karyawannya ga nyampe 50 org, jadi mau ga mau kita-kita yang masih single jadi panitia, dan pasti yang jadi panitia 4L alias elo lagi elo lagi, bahkan kita sempet bercanda, kalo panitia ini kita bikin EO bisa kali yah, secara udah sering bukan sering lagi tapi selalu jadi panitia acara jadi tau gimana teknisnya, pernah yah tahun 2004 dimana waktu itu ngadain gathering di anyer, dan aku jadi sie. Konsumsi, trus kita dapet sponsor dari K*C, dan harus diambil di Cilegon, alhasil begitu nyampe, main-main dipantai bentar trus langsung cabut ke cilegon bareng dua temenku yang lain, kita mikirnya mah palingan cuma satu jam anyer -cilegon pp, ternyata oh ternyata macet aja gitu, macetnya yang beneran ga gerak jadi kita berangkat jam 11 sampe cilegon jam 1/2 2, langsung ambil paketnya trus balik lagi yang mana kena macet lagi dan nyampe udah jam 1/2 4, dan ternyata udah pada siap-siap mau pulang T__T, trus dengan polosnya aku nanya “pada mau kemana?” dan dijawab “pulang lah, acaranya udah selesai” “hah udah selesai, berarti aku ga ikutan dong acaranya T_T”,ah..sedih banget ga ikutan, tapi abis itu ceria lagi karena ternyata aku dapet doorprize rice cooker, lumayan hehehe.

O, iya, dikantorku juga pernah ngadain award amil terbaik selama beberapa kali, nah tahun 2004 baru mulai pemilihannya, dan pas gathering diumumin kalo yang menang adalah si A, tahun berikutnya si B, dan tahun 2006 aku ternyata masuk nominasi, ga nyangka euy aku masuk nominasi, setelah dilakukan pemilihan dan waktu gathering di sentul diumumin, ternyata aku yang terpilih menjadi amil terbaik, alhamdulillah ga nyangka bisa kepilih, waktu disuruh nyampein pesan dan pesan aku ga bisa ngomong apa-apa yang ada aku nangis terharu hahah*norak banget kalo inget*, hadiahnya uang tunai sama medali, karena saat itu aku lagi butuh buat biaya semesteran, aku bersyukur banget rejeki yang tak terduga, alhamdulillah uang hadiahnya bisa buat bayar kuliah :D. Setelah itu aku dapet lagi doorprize kompor gas, wow lagi-lagi rejeki yang alhamdulillah sesuatu banget. Trus yah setelah acara selesai, temen-temenku iseng nyeburin aku ke kolam renang yang ada disitu, alhasil aku kebasahan dan kedinginan trus buru-buru kekamar buat mandi dan ganti baju,dan mimpi indah malam itu :P. Trus besok paginya ternyata ada insiden, temenku yang sakit asma kumat parah sampe digotong kerumah sakit, gara-garanya, pagi-pagi, dia dipinggir kolam pengen berenang, tapi yah jadi ga jadi, trus ada temenku yang iseng langsung dorong dia kekolam, ga lama masuk kekolam, langsung kolaps, trus buru-buru dibawa kerumah sakit, dan saat itu juga dirawat, ah, ada-ada aja yah, pas pulang dimobil penuh dengan cerita kejadian tadi. Ok, balik lagi ke award, ternyata aku yang terakhir terima award, karena setelahnya ga diadain lagi dan baru diadain tahun 2010, yang mana tentu aja aku ga menang :P, tapi aku dapet award “Amil pendiam” gubrak, pendiem dari mana coba, wong cerewet bin bawel gini, setelah itu ga pernah lagi masuk kategori apapun *jaman berubah*.

Ah, kalo semuanya diceritain akan ada beratus-ratus cerita tentang kantorku, tapi apapun itu aku slalu bersyukur bisa bekerja disini, bahkan bisa mengkuliahkan diri sendiri dari gaji disini, atasan yang slalu dekat dengan karyawan dan menjadi teladan karena kesederhaannya, berada bersama teman-teman yang menyenangkan, dan tentu saja lingkungan yang mendukung dan mendorongku untuk slalu beribadah, dan bisa dibilang aku berada dizona amat sangat nyaman, tapi untuk itu semua aku slalu bersyukur, dan semoga menjadi semakin baik lagi bekerja disini, dengan semangat seperti awal masuk dulu. *amin* 😀
Tinggalkan Balasan

