Pohon Manggaku

Lagi nunggu jemputan dan udah ga konsen kerja jadi pengen cerita ah tentang pohon mangga di rumah. Awalnya aku beli bibit pohon mangga dan jeruk purut dari temenku, waktu beli aku minta mangga harum manis, karena ketidaktahuan dan ga bisa bedain juga apakah itu beneran bibit mangga harum manis ato mangga yang lain, jadi waktu ngasih dan dikasih tau kalo itu bibit mangga harum manis, aku iya-iya aja.

Berhubung waktu itu baru pindah rumah 2 bulan dan taman depan rumah masih gersang, akhirnya pohon mangga aku tanam di depan rumah biar nanti kalo besar bisa bikin adem rumah sedangkan bibit jeruk purut aku tanam di taman belakang. Waktu masih kecil aku masih rajin ngerawat dan setiap nyiiram selalu bilang “kamu tumbuh besar yah, dan bisa berbuah yang banyak” mungkin orang akan ngeliat aneh yah ko tanaman di ajak ngomong, tapi aku seneng aja ngelakuin itu.

Setahun dua tahun alhamdulillah pohon manggaku tumbuh besar dan di tahun ketiga suprise aku ngeliat muncul bunga, wuidih seneng dong aku kalo pohon manggaku bakal berbuah nih, dan emang bener ga lama berbuah meski buahnya masih bisa diitung jari, tapi yang bikin aku kesel adalah ternyata pohon manggaku bukan harum manis tapiΒ  mangga manalagi, ya sudahlah terima aja kalo ternyata bukan mangga yang diinginkan.

Waktu berbuah pertama kali karena ga tau kapan matengnya, jadi buahnya sampe pada jatoh ato ga dimakan kelelawar :(, yang kedua lumayan bisa petik 5 buah dan aku makan sendiri :P, dan sekarang lagi berbuah lagi dan lebih banyak dari sebelumnya, dan minggu kemaren waktu bersihin taman abangku metik buah mangga yang emang buahnya bisa dijangkau pake tangan, eh trus tetangga sebelah rumahku ngeliat dan minta buat ngerujak katanya, ya udah akhirnya abangku pake tangga buat ngambil beberapa buah dan langsung dikasih ke tetanggaku.

Seneng deh pohon manggaku berbuah, selain bisa berbagi dengan tetangga juga pohonnya bikin adem rumah πŸ˜€

Trus gimana nasib bibit jeruk purutnya ?

Karena aku nambah bangunan belakang buat bikin dapur, alhasil jeruk purutnya dicabut dan dipindahin, tapi karena ga langsung ditanam lagi, alhasil jadi kering dan mati padahal lumayan banget lho itu daun jeruknya bisa dipake buat masak.

18 thoughts on “Pohon Manggaku

  1. Asik ya kalo nanem pohon sendiri, mau makan tinggal petik πŸ™‚
    Tanem lagi dong jeruk purutnya, Yan. Bikin soto tambah sedap kalo pake daun jeruk πŸ˜€

    Suka

    • Iya mba della lumayan ga usah beli mangga lagi *kaya banyak aja berbuahnya*

      Kalo jeruk purutnya udah keburu mati mba della :(( padahal kalo mau masak yg pake daun jeruk tinggal metik doang

      Suka

Tinggalkan Balasan

