Karimun Jawa-part 1

Longweekend di akhir april lalu dimanfaatkan aku sama abang buat liburan ke Karimun Jawa, tapi kali ini perginya ga cuma kita berdua tapi bareng teman-teman dari BPD alias Backpacker Depok, dari total 20 orang yang direncanakan berangkat yang jadi hanya 11 orang plus 2 balita.

Berangkat dari stasiun Senen naik Gumarang dan meski kereta ekonomi tapi bersih dan ber-ac jadi tetap nyaman. Nyampe Semarang Tawang jam 10-an trus karena jadwal keberangkatan yang lain beda-beda bahkan ada juga yang dari Palembang, jadi untuk melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Kartini di Jepara dibagi 2 tim. Tim yang pertama berangkat jam 10 malam sekalian nanti standby untuk beli tiket Kapal Siginjai yang hanya bisa beli langsung di loket, dan aku sama abang ngikut yang tim kedua menunggu teman yang naik Menoreh dan Bus yang nyampe jam 3-an. Jadilah kita nunggu di stasiun bareng 1 teman yang juga udah nyampe duluan.

Setelah semuanya udah nyampe, kita langsung berangkat ke Pelabuhan Kartini dengan mobil dengan biaya sewa Rp. 350.000 dan mungkin karena masih pagi plus supirnya juga agak ngebut jadi perjalanan dari Semarang cuma 1 1/2 jam. Nyampe sana ketemu teman-teman yang duluan nyampe trus sholat subuh dan sarapan sambil nunggu kapal yang berangkat jam 7. Harga tiket Siginjai ini Rp. 81.000/orang tapi ada juga kapal express yang berangkatnya jam 9 dan tiketnya tentu lebih mahal.

Begitu naik kapal kita langsung naik ke geladak yang merupakan lantai paling atas kapal dan karena disitu ga ada tempat duduk jadi bisa gelar tiker trus bisa duduk selonjoran bahkan tiduran yang alhamdulilah kapalnya ga terlalu penuh jadi kita bisa dapet spot yang enak di samping dapur kapal yang ditengah perjalanan tercium wangi ikan asin yang dimasak awak kapal jadi bikin laper :))

Lama perjalanan dari Jepara ke Karimun Jawa 4 jam, jadi selama perjalanan yang ada kita ngobrol-ngobrol karena memang baru kenal di trip ini, yang bikin aku seneng meski baru kenal tapi bisa langsung akrab, trus main sama 2 anaknya temen yang masih balita, yang mana adenya anteng banget digendong siapa aja mau yang ada kita gemes banget, dan selebihnya tidur.

Nyampe di Pelabuhan Karimun kita udah dijemput pemilik penginapan dengan mobil pick-up karena penginapan kita agak dibelakang pulau, tapi seru banget naik mobil pick up yang ngebut menyusuri jalan Karjaw yang mulus. Tempat penginapan kita memang sederhana tapi nyaman udah gitu ada dermaga sendiri jadi nanti ke kalo mau snorkling langsung berangkat dari situ trus juga langsung bisa menikmati sunset tanpa perlu jalan ketempat lain.

Kita pesen 3 kamar, 1 buat perempuan dan sisanya buat cowo. Setelah masukin barang-barang ke kamar, sholat trus sejenak menikmati suasana, kita berangkat ke pantai Ujung Gelam buat makan siang dengan dianter mobil pick up yang tadi, trus kita dikasih tau sama pemilik penginapan namanya Pak Kul kalo beli makan jangan semuanya beli di satu warung, tapi harus ke yang lain juga, biar bagi-bagi rejeki katanya. Dan jadinya kita beli makan di warung satu, beli minuman disebelahnya trus beli gorengan di yang lain. πŸ˜€

Pantai Ujung Gelam ini cakep, bersih, ombaknya tenang, udah gitu dipenuhi pepohonan jadi meski siang terik tapi tetap adem. Kita makan di pinggir pantai sambil menikmati semilir angin, mendengar deburan ombak dan memandang ke lautan, damai banget.Β  Setelah makan kita masih main-main disitu dan duduk-duduk di pasirnya, sampe udah mulai pada ngantuk trus ada yang bilang “balik ke penginapan yuk”.

Balik penginapan kita ga naik mobil tapi menyusuri pantai Ujung Gelam terus nyampe di Pantai Batu Topeng. Nah disini karena ada tempat duduk trus ketemu orang yang udah 3 hari kemping di situ dan ternyata SENDIRIAN *berani euy*, jadinya kita istirahat disitu, mungkin karena suasananya yang emang enak jadi beberapa ada yang ngantuk trus merem eh terus tidur beneran, ada kali 30 menit kita disitu maen-maen sambil nunggu yang pada tidur baru jalan lagi.

Nyampe penginapan langsung istirahat dan mandi karena badan udah lengket banget, abis itu kita ngumpul di dermaga menunggu sunset yang mana karena berawan jadi ga dapet sunset yang ciamik, lanjut makan malam trus ngobrol di pendopo sambil ngitung share cost hari ini trus tidur. Dan mungkin karena capek kepanasan anaknya temenku jadi rewel dan baru tidur hampir tengah malam.