Karimun Jawa-Part 2

lanjutan dari sini..

Karena mau mengejar sunrise, kita semua bangun jam 4 pagi. Abis Sholat subuh langsung berangkat ke pantai Pancuran dianter sama anaknya pak Kul. Perjalanan kesana sepi banget karena jalanan masih gelap dan hanya ada kendaraan kita di jalan, trus menuju pantainya kita harus jalan kaki karena memang tidak ada akses jalan mobil kesana, dan begitu nyampe ternyata udah rame dengan orang yang punya tujuan sama, mengejar sunrise.

Masya Allah banget ya menikmati momen matahari terbit, mulai dari hanya muncul semburatnya kemudian perlahan-lahan matahari muncul. Dari gelap gulita sampe terang benderang, meski ga bisa melihat sunrise yang sempurna karena tertutup awan tapi itu juga udah cantik banget.

Setelah puas menikmati sunrise di pinggir pantai, dan kita udah kelaperan juga akhirnya kita pergi ke pasar buat beli sarapan, disana ada yang jualan nasi uduk dan lauk pauk, jadi kita beli nasi uduk komplit, pepes ikan dan botok, urap, dan gorengan, trus  makannya di penginapan.

Ketika lagi makan di gazebo, kita baru tau ternyata pemilik penginapan udah nyiapin sarapan, dan karena kita ga pesen sarapan di penginapan tapi ga enak juga sama pak Kul, akhirnya sarapan yang udah disediain kita bawa buat nanti makan siang. abis sarapan kita siap-siap buat snorkling. Tapi sayang ada  yang mesti balik duluan karena ditelepon oleh ibunya suruh pulang, karena memang rencananya setelah dari pulau Karimun Jawa mereka langsung pulang kampung di Blitar. Padahal liburan ke Karimun Jawa ini adalah ide dia, yang pengen liburan bareng keluarga tapi ga bikin kantong jebol. 😛

Waktu Berangkat langsung dari dermaga depan penginapan, kita juga sekalian pamitan sama temen yang mau balik duluan karena pasti nanti mereka udah ga ada lagi waktu kita pulang dari snorkling karena ngejar kapal express yang berangkat siang *jadi sepi deh ga ada 2 anak kecil*.

Perjalan dari dermaga ke spot snorkling yang pertama kurang lebih 30 menit, begitu udah berhenti, kita langsung nyebur dan seneng banget akhirnya bisa nyebur di laut dan menikmati pemandangan bawah laut meski ikannya pada ngumpet. 😛

Puas snorkling dilanjutkan perjalanan ke pulau Cemara Kecil untuk makan siang, dan istirahat sambil main-main di pantainya, trus ngeliat di langit cuaca udah mendung agak khawatir bakal hujan aja, dan alhamdulillah hujan belum turun waktu kita udah nyampe pulau. Pulau Cemara Kecil ternyata memang menjadi tempat istirahat diantara jeda ke spot snorkling berikutnya.

Nyampe di pulau langsung nyari tempat buat gelar tiker, trus makan siang dengan menu yang dibawa dari penginapan yang meski sederhana tapi karena kita semua kelaperan jadi berasa nikmat banget. Selesai makan kita duduk-duduk di pinggir pantai, eh ga lama hujan turun deras banget jadilah kita hujan-hujanan di pinggir pantai, yang ternyata malah makin dingin.

Akhirnya kita nyebur ke laut yang justru airnya jadi hangat, ya udah kita malah berendam sambil maen tebak-tebakan “abc” yang kalah mesti nahan nafas di air, seru banget, :)) lumayan lama juga hujannya turun, dari kita yang udah pindah-pindah tempat sampe pephotoan trus maen lagi di pantainya belum berhenti juga.

Setelah hujan berhenti, baru deh kita lanjutuin perjalanan lagi ke spot snorkling berikutnya, dan perjalanan jadi agak mengerikan karena ombaknya yang tinggi jadi bikin kapal miring, trus pas nyampe ke spot-nya ngeliat ombak tinggi trus juga airnya keruh akhirnya kita putuskan ga jadi snorkling, akhirnya kita dibawa ke pulau Tanjung Gelam, trus disana makan lagi dong dan tentu aja beli gorengan yang meski juga tahu, tempe, dan pisang tapi enak, abis itu naik kapal lagi trus balik ke penginapan.

Sebenarnya paket snorkling kita kan tiga spot, tapi karena memang cuaca yang tidak direncanakan, akhirnya kita cuma dapet satu spot, dan kita minta penggantian hari atau pengurangan harga. Tapi karena ga mungkin pengurangan harga, jadi sama bapaknya kita dikasih penggantian besok pagi bisa snorkling lagi, tapi karena jadwal besok adalah jelajah di darat, jadi ada beberapa yang memang ga mau snorkling lagi *inget persediaan baju*.

Nyampe penginapan langsung mandi dan bebersih, dan seperti hari sebelumnya, sorenya kita duduk-duduk di dermaga sambil menikmati sunset yang kali ini karena habis hujan jadi ga dapetin lagi sunset yang cantik. Abis itu kita makan malam yang merupakan pesanan makan siang  yang udah kita pesan,trus lanjut ngobrol2 . Karena kecapean akhirnya aku tidur duluan sementara yang lain ngebahas agenda buat besok dan share cost hari ini.