Jelajah Yogya dan Sekitarnya-Day 3

Tujuan kami hari ini ke Goa Pindul yang ada di daerah Gunung Kidul. Perjalanan dari Yogya ke Goa Pindul ini lumayan hampir 2 jam, apalagi sempat ada kemacetan karena perbaikan jalan. Banyak tulisan atau plang petunjuk goa pindul, tapi arahnya menuju tempat jasa paket wisata Goa Pindul bahkan dari 5 km sebelumnya, jadi kalian harus memastikan lokasi tepatnya ya.

Begitu masuk ke jalan arah goa pindul, tiba-tiba ada bapak yang mengiringi jalan kami dan langsung bilang “mau ke gua pindul ya, sini saya antar.”, karena sebenarnya kami ga mau diantar dan terbilang santai yang penting sampai tujuan, tapi  bapaknya di depan kami,  mau ga mau kami mengikuti bapak tersebut.

Untuk masuk ke daerah (daerah ya bukan tempat wisatanya), kami dikenakan biaya restribusi Rp. 10.000/org, dan bener aja ketika bapak tersebut berhenti di salah satu tempat paket wisata dengan nama Kedunggupit Adv dan mengajak kami serta menawarkan beberapa paket yang ada disana.

Kami mengambil paket yang terdiri dari 4 tempat yaitu : Goa Sriti, Goa Baru, Cave Tubing Goa Pindul dan terakhir river tubing sungai Oyo seharga Rp. 170.000/org. Karena tidak ada kuota atau jumlah miniminum untuk paket ini, jadi berapapun jumlah orang yang ada bisa langsung berangkat. Jadi setelah ganti baju dan pake pelampung kami langsung berangkat ditemani guide.

Tujuan kami yang pertama yaitu ke Goa Sriti yang mempunyai panjang 320 m dan berada di bawah jalan raya, jadi ada dibawah tanah dan dilalui air bawah tanah meski ga dalam. Menyusuri goa ini terbilang seru karena kita akan berjalan di air atau kadang di tempat tertentu jadi berenang kalo memang agak dalam, tapi juga agak menakutkan bagi yang takut gelap (kaya aku),  meski guidenya membawa senter tapi tetap aja rasanya gelap :D. Asyiknya kami bisa berhenti untuk melihat stalagtit dan stalagmit, dan nanti keluarnya diseberang jalan. Karena penasaran aku nanya ke guidenya apakah airnya tetep segitu atau bisa naik, ternyata airnya bisa naik dan menutup goa, jadi pada saat itu goa ditutup dan tidak boleh dimasuki.

Tujuan selanjutnya ke Goa Baru, disebut goa baru karena baru ditemukan akhir tahun 2013, setelah itu baru kita cave tubing ke Goa Pindul, karena memang banyak yang melakukan cave tubing jadi mesti ngantri. Menyusuri goa Pindul dengan bersantai di atas ban asyik dan seru juga, melihat keindahan dalam goa, stalagtit dan stalagmit yang ada, dan kelelawar yang bergelantungan, damai dan tenang banget.

Setelah selesai cave tubing di Goa Pindul, kami menuju tempat yang terakhir yaitu river tubing di sungai Oyo, yang menurut kami malah kurang seru karena jeramnya cuma pas diawal doang, trus selebihnya hanya menyusuri sungai yang tenang jadi berasa ngantuk selama perjalanan mana gerimis pula yang ada bikin pengen tidur 😛

Setelah selesai kami balik ke tempat awal, langsung mandi dan ganti baju, trus karena hujan jadi belum bisa balik jadi kami menunggu disana dan karena lapar trus ada yang jual bakso bakar akhirnya kami beli Rp. 10.000 dapat 5 tusuk, dan setelah kami makan ternyata enak bumbunya pas (entah efek lapar apa emang enak), akhirnya kami beli 5 tusuk lagi :)).

Setelah hujan berhenti kami langsung jalan dan menuju tempat wisata berikutnya yaitu Pinus Pengger, lagi-lagi karena ada diatas bukit/gunung jadi perjalanannya menanjak dan mendaki plus udaranya dingin abis hujan juga, tapi dikasih pemandangan yang bagus banget sepanjang perjalanan. Nyampe di pinus pengger bayar restribusi Rp. 3.000/orang, dan kita bisa puas menikmati suasana di hutan pinus, dan disana tentu saja banyak spot foto yang cakep-cakep.

Setelah cukup menikmati suasana hutan pinus dan agak mendung juga khawatir hujan sedangkan perjalanan kami masih jauh, jadi kami putuskan buat balik dan setelah seharian ga makan cuma nyemil doang, sampe di Yogya kami milih makan di Bale Ayu dan kalap milih menu ikan gurame bakar, cumi saos padang, cah kangkung, udang telor asin, kerang, es campur, es teh manis 2 dan itu abis semua sama kami berdua :)).

Setelah itu balik ke hotel buat istirahat, karena besok hari terakhir di Yogya jadi pengen keliling dalam Yogya aja.

Iklan

2 thoughts on “Jelajah Yogya dan Sekitarnya-Day 3

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s